Selasa, 08 Januari 2013

Power of Friend

By: Antonius Arif

Artikel Motivasi – Tahukah anda bahwa pikiran positif atau pikiran negatif itu bisa menular. Bahkan menular sangat cepat. Apapun yang kita alami atau masukan kedalam pikiran anda maka informasi tersebut akan masuk kedalam pikiran anda. Bahkan tak jarang, anda yang sedang berpikir positif bisa berubah pandangananda setelah melihat sebuah situasi atau mengalami kejadian yang negatif. Dan tak jarang hal itu bisa membuat anda selama satu harian menjadi buruk emosinya.

Jim Rohn seorang motivational dan self help dulu pernah mengatakan Anda adalah rata-rata dari lima orang yang dimana anda menghabiskan waktu dengannya. Maksudnya bila anda berteman dengan orang negatif seperti mengeluh, mengkambinghitamkan orang lain, membenarkan tindakan diri sendiri yang salah maka hasilnya anda akan negatif juga dan sebaliknya bila anda bergaul dan berteman dengan orang-orang yang positif maka hasilnya akan positif juga.

Mungkin bila anda ingat ketika anda disekolah dulu, ketika kita bergaul dengan teman-teman yang lebih pintar maka hasilnya kita akan pintar dan sebaliknya ketika kita bergaul dengan orang yang nakal maka hasilnya juga akan nakal. Ini terjadi karena cara pikir teman kita secara tidak langsung akan menular kepada kita.

Saya pernah dalam sebuah pelatihan motivasi, ada satu alumni saya yang mengatakan “kok kenapa saya tidak berhasil bisa jualan banyak yah pak?”

Saya tanya kepadanya, “dengan siapa bapak bergaul dan menghabiskan waktu?”

Dia mengatakan, “ya karena jualan saya jelek maka saya bergaul dengan orang yang juga gagal jualan.”

Saya tertawa mendengarnya dan mengatakan, “pantas saja pak semakin jualannya semakin buruk karena anda bergaul dengan siapanya yang menjadi masalah.”

Lalu saya jelaskan mengenai perkataan Jim Rohn. Dan mungkin anda juga pernah mengalami seorang sales yang gagal jualan, biasanya merekaakan pulang dan nongkrong dengan teman-teman yang juga gagal jualan. Mungkin sambil meminum kopi lalu mereka bercerita pengalaman gagal jualan dan teman-teman yang lain akan membalas hal yang sama. Semua semakin bergulunglah hal-hal negatif. Bagaimana bisa menjadi lebih positif kalau hasilnya bergaul dengan teman-teman yang sependeritaan.

Bahkan seseorang trainer pernah mengatakan, saya bisa tahu pendapatan anda dari teman-teman yang anda punya. Coba anda tuliskan nama 5orang teman anda atau orang yang dimana anda menghabiskan waktu bersamanya.Setelah itu, tuliskan gaji atau pendapatan mereka masing-masing. Setelah selesai, jumlahkan gaji mereka dan bagi dengan 5. Yang artinya average. DanTrainer tersebut mengatakan, pastilah gaji rata-rata orang tersebut sama dengan gaji atau pendapatan anda. Kok bisa begitu? Silahkan coba saja. Bila pendapatan anda lebih tinggi daripada pendapatan rata-rata teman anda tersebut, maka itu kabar buruk karena bisa saja anda akan ditarik ke bawah. Sedangkan bila pendapatan anda lebih kecil daripada pendapatan mereka, maka itu kabar baik. Anda akan ditarik ke atas.

Disini bukan hanya membahas masalah gaji atau pendapatan saja, bisa saja anda bergaul dengan orang yang pendapatannya dibawah rata-rata tetapi dia hebat dalam satu bidang tertentu, dan anda belajar dengan dia. Anda bukanlah memilih teman yang sukses saja, anda boleh bergaul dengan siapa saja. Hanya anda perlu merecharge atau mengisi energi positif anda agar membuat anda naik keatas. Bila di Napoleon Hill, hal ini bisa dikatakan dengan anda membentuk master mind. Master mind adalah sebuah kelompok terdiri dari 5-8 orang yang mempunyai keahlian yang berbeda-beda. Dan anda saling bertukar pikiran setiap satu minggu satu kali atau dua minggu sekali, saling membahas permasalahan yang anda hadapi. Cara ini cukup berhasil dan membuat anda dapat naik keatas dengan cepat.

Memang belum tentu anda akan menjadi negatif bila anda bergaul dengan orang yang negatif. Itu tergantung dengan seberapa kuat pikiran anda untuk menolak hal yang negatif tersebut. Ya memang betul, saya pernah bergaul dengan orang-orang yang memakai narkoba dan saya tidak terjerumus sama sekali. Ya memang betul, tetapi juga tidak membuat saya menjadi orang baik juga. Saya mempraktekan teknik ini dengan cara, saya memilih lima orang teman dalam belajar dan juga lima orang dalam bisnis. Ternyata cara pandang saya jadi berbeda, saya mempunyai pandangan lebih luas. Dan menariknya, hanya dalam hitungan sekitar 3 tahun, saya bisa naik ke atas dengan cepat. Ini karena power of friend yang saya gunakan. Memang kadang anda bingung, bagaimana caranya saya mau berteman dengan orang yang diatas saya, sebenarnya semua orang mau kok anda bergaul dengannya. Cara yang biasa saya pakai adalah saya mengajak orang tersebut untuk makan bersama saya. Saya ajak bertukar pikiran dan cara itu ternyata berhasil. Serta saya juga membaca buku yang banyak tentang orang tertentu dan mencoba memahami jalan pikirannya. Apalagi setelah saya belajar tentang coaching, maka saya menjadi lebih mudah untuk memodel seseorang yang walau orang tersebut adalah orang baru yang saya kenal.  Oleh sebab itu, saya menyarankan anda untuk masuk ke kelas Ego state therapy dan ego state coach saya maka anda akan melihat sesuatu dengan cara berbeda dan bisa menghasilkan hasil yang lebih cepat. Karena apa yang saya tulis, ini adalah hasil rekaman dari pikiran saya ketika saya memodeling orang-orang sukses.

Sekarang tinggal anda mau memutuskan yang terbaik, Silahkan anda membaca tulisan ini dengan pandangan terbuka, sehingga anda bisa mendapatkan manfaat yang besar dari tulisan ini.

Sumber : http://www.antoniusarif.com/artikel/artikel-motivasi-power-friend%E2%80%8F.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar